Jumat, 24 Mei 2013

Medical Check Up?..... Part 1

Berawal dari kegiatan MCU - Medical Check Up yang dilakukan rutin setiap tahunnya di kantor.. dan telah diterimanya hasil dari MCU tersebut. Dimana hasilnya sangat sangat bervariasi... Hehehe...

Akhirnya browsing dech di mbah Google.. Mahluk apa sich Billirubin, SGOT, SGPT dll

Bilirubin adalah produk utama dari penguraian sel darah merah yang tua. Bilirubin disaring dari darah oleh hati, dan dikeluarkan pada cairan empedu. Sebagaimana hati menjadi semakin rusak, bilirubin total akan meningkat. Sebagian dari bilirubin total termetabolisme, dan bagian ini disebut sebagai bilirubin langsung. Bila bagian ini meningkat, penyebab biasanya di luar hati. Bila bilirubin langsung adalah rendah sementara bilirubin total tinggi, hal ini menunjukkan kerusakan pada hati atau pada saluran cairan empedu dalam hati.
Bilirubin mengandung bahan pewarna, yang memberi warna pada kotoran. Bila tingkatnya sangat tinggi, kulit dan mata dapat menjadi kuning, yang mengakibatkan gejala ikterus. (Data diambil dari spiritia)
SGPT (juga dikenal sebagai ALT) dan SGOT (AST) adalah enzim yang dipakai oleh hati dalam pekerjaannya. Biasanya enzim ini ditahan dalam hati, tetapi bila hati menjadi rusak karena hepatitis, semakin banyak enzim ini dapat masuk ke aliran darah. Tingkat enzim ini dalam darah dapat diukur, dan tingkatnya menunjukkan tingkat kerusakan pada hati.
Biasanya, beratnya kerusakan digambarkan dengan berapa kali di atas normal. Contohnya, bila SGPT Anda 80, berarti SGPT Anda sedikit di atas dua kali (2x) normal. Kalau 120, berarti 3x atas normal. Biasanya, tingkat SGPT/SGOT dianggap masalah bila 3x atau lebih di atas normal, tetapi juga harus dilihat gejala lain. Kalau SGPT agak tinggi (tergantung keadaan; bisa 5x atau lebih), tetapi tidak ada gejala lain, dokter biasa hanya akan memantau lebih berhati-hati.
SGPT dan SGOT Anda hanya sedikit di atas normal, jadi kemungkinan Anda tidak harus khawatir. Tetapi sebaiknya Anda membahas dengan dokter. (Data diambil dari spiritia)
Ternyata, kita tidak boleh menyepelekan fungsi organ tubuh sekecil apa pun di dalam diri kita. Satu saja dari mereka mengalami masalah, efeknya terasa ke seluruh tubuh. Salah satu caranya adalah, mungkin ya dengan menyelerasakan semua anggota tubuh atau organ tubuh dan memberlakukannya dengan adil. Jangan egois. Cuma gara-gara mulut pengen makanan lezat, kita mengabaikan organ tubuh di bagian perut. Hmmm…! Baiklah. Mulai sekarang, perhatikan kepentingan semua organ tubuh supaya tidak ada yang mengalami masalah satu sama lain.
Lalu, langkah apa yang harus kita lakukan supaya hati kita tetap segar, sehat dan berfungsi dengan baik? Berikut adalah langkah-langkah yang saya dapatkan dari berbagai sumber : 
  • Sering-seringlah mengganti sarung bantal (maksudnya biar selalu bersih, ga banyak bakteri/ kuman/ virus menumpuk terus masuk ke tubuh jadi penyakit). 
  • Jangan menahan buang air kecil (nah ini juga rada kebiasaan juga di kantor.. pas lagi sibuk enggan beranjak dari kursi apalagi kalau lagi ditungguin sama juragan).  
  • Ini salah satu kebiasaan kita terutama kalau makan di luar atau pas lembur T_T... yak Junk Food seperti : KFC, BK, Mekdi dan makanan Siap Saji / Junk Food lainnya. Kalau bisa hindari, kalau nggak bisa ya kurangi. Jangan makan kalau nggak lapar. Ini susah nih. Kita seringnya lapar mata ketimbang lapar perut. Wkwkwkwk...
Selanjutnya, kebiasaan membungkus makanan panas ke dalam plastik. Kalau perlu, hindari semua yang berbau plastik deh. Jangan menggoreng makanan dengan sisa minyak untuk menggoreng (jelantah). Nah, dengan kata lain, kurangi gorengan abang-abangan! Jajan di tempat yang tidak bersih. Inilah kebiasaan yang sulit dihilangkan. Jajan makanan yang banyak bahan pengawetnya. Wah! Semua jajanan beginian mah mengandung bahan pengawet, pemanis buatan dan bahan kimia lainnya. Minum air putih yang banyak (nich penting banget.. mesti diwarnai dan ditebelin). Kunyah makan sampai halus dan nggak perlu buru-buru (cukuplah waktu istirahat setengah jam buat makan.. huahahaha..). Hindari konsumsi gula dalam jumlah yang lebay alias berlebihan. Kasih perhatian ke usus dengan memberikannya makanan yang segar dan HARAM hukumnya memakan makanan yang dipanaskan berulang-ulang (apalagi dipanasin sampe puluhan kali dan berhari - hari). Jangan makan kalau lagi stress (biasanya kalau lagi stress dampak psikologis untuk makan sangat besarrrrrrrr.... hehehe.. pengalaman pribadi). Hindari sembelit dengan banyak makan serat dari buah - buahan dan sayuran.. bukan serat Goni ya.. itu mah buat bikin karung aja..
Wah! Banyak banget ya hal-hal yang harus dihindari supaya hati tetap suci, bersih, sehat, segar dan berfungsi dengan baik. Beberapa hal sepertinya ada yang sulit dihindari. Ya minimal dikurangilah ya... (Hope it work for me also.. hehehe..). Kita harus tetap sehat supaya bisa menjalankan kehidupan dengan normal. Karena sakit itu tidaklah enak dan buang-buang duit.. maksudnya duit perusahaan dimana berdampak mengurangi laba dan imbas paling terakhir adalah....... berkurangnya bonus.. Wkwkwkwkwk...
Semoga sehat selalu ya untuk kita semua! Ayo, mulai sekarang, HIDUP SEHATLAH sodarah-sodarah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar