Selasa, 01 Oktober 2013

Travelling : 1 day trip to Bandung

 Ini adalah cerita jalan - jalan akhir bulan September 2013 

Nekat... Itu inti perjalanan kali ini..
Tiba - tiba aja terlintas pengen jalan - jalan, tapi ga mau jauh - jauh alias masih deket Jakarta dan bisa PP (pulang pergi).
Hmmm... Bandung kayaknya boleh juga dicoba.. Sekalian mampir ke rumah kakak di Ciampelas. Akhirnya ditetapkan untuk One day trip to Bandung hari terakhir bulan September alias hari Senin.

Segera cuti diajukan.. tapi koq dah mau seminggu ga di approve ya?? Eh.. sampai hari Jumat masih belum dapat approval juga dari atasan. Wah panik dunk, coz selama seminggu dah browsing peta, rute angkot sama damri. Tujuan juga dah ditetapkan kemana aja, trus harus naik angkot yang mana.

Terpaksa dech tanya via bbm dan sms, karena mendesak sekali klo ga di approve berarti gagal dech rencananya. Eh.. ternyata disetujui meskipun via bbm ma sms.. Yippy.. akhirnya terealisasi dech. Tapi sampai malam senin masih aja ngegangguin temen tanya lokasi kalo ke sini turun mana, patokan apa, dll.

Akhirnya Senin pun tiba.. berangkat nebeng sampai Pasar Rebo, karena kalau ngejar MGI di Jagakarsa dah ga keburu juga jadi andalan terakhir adalah bis dari Kp. Rambutan atau Primajasa dari Lebak Bulus. Nunggu sampai 15 menit koq bisnya ga keliatan juga, mulai gelisah karena makin siang. Kalau makin siang makin sedikit waktu tersisa untuk jalan di Bandungnya. Maklum masih ngejar travel pulang biar ga terlalu malam sampe Jakartanya. Sekitar 5 menit keliatan bis primajasa dari Lebak Bulus, tapi koq lampu sen-nya ke kiri ya?? Buru - buru nyebrang biar ga kelewatan.. eh.. pas lampu hijau dia beneran belok kiri. 

Pas lihat ke arah sebrang tempat diri tadi, wah bis bandung dari Kp. Rambutan datang. Segera menyebrang ke tempat nunggu bis tadi, sembari melambai ke kondektur bis. Akhirnya dapat bis juga padahal tadi dah ketar ketir bakalan balik ke rumah ga jadi berangkat. Yach dari kondisi bis ga bisa disamakan dengan MGI atau Primajasa, tapi yang jelas AC sich. Ga lama masuk tol JORR.. Jalan pelan - pelan.. eh koq dia keluar di sebrang terminal Kp. Rambutan y? Mulai curiga.. ini mau kemana ya? Balik lagi ke Terminal apa masuk tol Cikunir lewat pintu tol yang lain ya? Eh.. ternyata dia puter balik tapi ngga masuk Terminal tapi balik lagi ke Pasar Rebo.. Aduh ini sopir kurang kerjaan banget dech.. Gara - gara aksi puter balik hilang waktu gw hampir setengah jam karena itu bis jalan kayak penganten sunat.. pelaaaannn banget.. Itu baru penderitaan awal gw selama perjalanan..

Akhirnya itu bis masuk juga ke tol (dan benar - benar ke Bandung), tarifnya sekarang Rp. 50rb. Beda tipis lah dengan kereta kelas bisnis yang sekarang 60rb - 65rb. Dikarenakan MP3-nya ketinggalan di rumah jadi setelah bosan bolak balik koran pilih tidur ajah. Terbangun pas sampe km 87.. Wuih lama bener gw molornya, ternyata pas lirik jam baru jam 10.10 WIB. Cepet ajah nich bis jalannya. Eh.. pas mulai area mendaki itu bis malah ambil jalur kiri dan kecepatan mulai berkurang. Halah.. ternyata ini bis dah kehabisan tenaga buat jalan mendaki saudara - saudara. Kirain bisa sampai Bandung lebih cepat ternyata sama aja, hampir jam 11-an sampai pintu tol Pasir Koja. Keluar tol mulai macet, pas masuk ke Jl Soekarno Hatta mulai rada lancar. Nah penderitaan macet pas mendekati lampu merah perempatan Jl Kopo (baru baca nama jalannya setelah naik angkot). Akhirnya sampai dech di Terminal Leuwi Panjang sekitar jam setengah 12-an.


My adventure begin..

1 - In Parfum lokasi Jl. Banteng No. 75

Sesuai hasil browsing di mbah google disuruh nyebrang buat naik angkot abu - abu jurusan Cijerah - Ciwastra dan cari yang ada penumpangnya (biar ngga ngetem maksudnya). 

Rute angkot Abu - abu : Jl. Cijerah – Jl. Bojong Raya – Jl. Holis – Jl. Caringin – Jl. Kopo – Jl. Peta – Jl. BKR – Jl. Moh. Ramdan – Jl. Sadakeling – Jl. Talaga Bodas – Jl. Pelajar Pejuang – Jl. Martanegara – Jl. Reog – Jl. Karawitan -  Jl. Kliningan – Jl. Buah Batu – Jl. Sukarno-Hatta – Jl. Terusan Kiara Condong – Jl. Margacinta – Jl. Ciwastra – Terminal Ciwastra

Kebetulan angkot yang gw naikin itu dah ada 3 penumpang 1 depan sebelah supir, yang dibelakang 2 (ada cewe dan cowo - yg cowo tidur nyenyak di pojok kanan). Setelah lampu merah ternyata yg di depan turun dan si teteh yang sebelah gw ga lama juga turun, mulai feeling not good nech. Pas tuch angkot kena lampu merah dan mau belok kanan si abang sopir tanya sama penumpang yang gi tidur : "mau turun dimana kang? mau belok kanan ini"
Si penumpang kebangun dan gelagapan : "dimana nich bang? ga belok kiri ya?"
Supir : "ngga kang, itu naik yang ke soreang aja"
Dan akhirnya daku sendirian dech pas belok ke Jl Kopo, alamat ngetem nich. Ternyata beneran dah ngetem hampir 15 menitan. Aduh pak supir... please dech ga pake lama ngetemnya.
Ternyata aksi ngetemnya ngga cuma di jl Kopo aja, sempet 3 kali ngetem sepanjang jalan sebelum gw turun di seberang Horison Hotel. Oiya.. tarifnya dari Leuwi Panjang ke Horison Hotel (jl Banteng) 4 ribu rupiah (cukup murah dengan jarak segitu yang muter - muter dan ngetemnya di compare dg ongkos angkot di Jakarta).

Sampai dech di lokasi TKP tujuan pertama, In Parfum, karena sudah prepare apa aja yang mau dipesen tinggal tulis di kertas trus nunggu diolah sama orang In Parfum-nya.


Ini penampakan In Parfum

Biarpun di daerah situ ada beberapa toko parfum tapi cuma In Parfum aja lho yang ada pengunjungnya dan menurut gw lumayan rame lah, karena ada aja orang yang datang biarpun cuma 1 botol aja.

Tidak sampai setengah jam, orderan parfumnya dah jadi semua (ada total 7 botol : 60ml 3 botol, sisanya yg 35ml). Langsung meluncur ke tujuan berikutnya, karena masih bingung naiknya dari mana, tanya dech sama Bapak penjual minum depan In Parfum. Menurut si Bapak kalau mau naik angkot tujuan Terminal Kebon Kalapa dari depan In Parfum bisa tapi 2 kali dan nanggung jaraknya, kalau mau sekali jalan ke arah lampu merah ke arah kiri (jl Lodaya) naik angkot hijau. Jalan dech ke lampu merah yang tiba - tiba gerimis mengundang datang sampe gw lari - lari menghindari biar ga kehujanan.

Sampai lampu merah belok kiri nunggu angkot dibawah pohon dengan harapan ga kehujanan, tak lama ternyata si angkot datang dan langsung naik. Itu angkot ternyata melewati pasar buku Palasari (hmm.. koq arahnya seperti balik ke arah Horison/ In Parfum ya..) trus sampe di perempatan gw nengok ke kiri dan jiaahhhh... Itu kan In Parfum dan Hotel Horison terlihat jelas. Sebel banget dech gw sama si Bapak tukang jual minuman.. Dia menjebakku memberikan informasi menyesatkan.. Padahal gw bisa lebih dekat jalan dan menghemat waktu biarpun cuma beberapa menit. Tarif angkot lampu merah Lodaya ke Terminal Kebon Kalapa cukup 3000 aja.

2 - Batagor Darto lokasi Simpang Dago

Nah ini dia yang sempat membuat bimbang.. Antara Batagor Riri yang di daerah Burangrang (dekat In Parfum) atau ke Batagor Darto, dan yang terakhir belum pernah coba makan apalagi ke daerah Simpang Dago.

Akhirnya diputuskan untuk coba ke Batagor Darto dengan berbekal informasi lokasi dari teman yang sempet aku ganggu malam - malam. Hehehe..

Dari Terminal Kebon Kalapa naik ke arah Dago (warna Hijau - Orange) : Terminal Kebon Kelapa – Jl. Dewi Sartika – Jl. Kautamaan Istri – Jl. Balong Gede – Jl. Pungkur – Jl. Karapitan – Jl. Sunda – Jl. Sumbawa – Jl. Belitung – Jl. Sumatera – Jl. Aceh – Jl. Sulawesi – Jl. Seram – Jl. RE Martadinata (Riau) – Jl. Ir. H. Juanda (Dago) – RS. Boromeus (Dago) – ITB (Jl. Ganesha, Dago) – Simpang Dago – Terminal Dago

Sampai simpang Dago (patokannya Mc Donald di pojokan kiri), sempat bingung juga sich dimana yach si warung Batagor Darto. Clingak clinguk eh ternyata ada di depan mata alias diseberang (wilayah pasar klo kata temen).

Langsung aja nyebrang ke TKP, warungnya biasa tapi ga kecil banget. Beda abis sama tampilan Batagor Riri di Burangrang dan Batagor Kingsley di Veteran. Disini sama seperti warung bakso pada umumnya, nothing special here. Sempet terbesit enak ngga ya batagornya. Tapi namanya mau wisata kuliner ya mesti berani coba apalagi ini warung masuk di daftar tempat makan batagor asik di Bandung. 

Tampilan depan warung Batagor Darto

Ada 2 cara makan batagor disini : Batagor kuah dan Batagor kering. Batagor kuah itu batagor dikasih kuah (klo gw bilang sich rasa kuahnya seperti kuah bakso malang) cuma bisa minta tambahan ceker. Batagor kering sama seperti batagor di tempat lain (Riri, Kingsley dll) pakai sambal kacang.

Menu yang gw pilih kemarin Batagor kuah + ceker (dapat 4 potong) harga 12ribu, kalau porsi batagor kuah biasa cuma 9ribu. Soal rasa sich lumayan lah (versi gw lho ya..). Kalau batagor keringnya dibungkus aja buat oleh - oleh sekalian.
Ini daftar menunya (rada tengsin pas fotonya.. soalnya ada yang lagi makan didekat menu)

Ini Batagor kuah + ceker

Berhubung sudah jam 2 sedangkan masih mau cari oleh - oleh di Kartika Sari langsung lanjut naik angkot ke arah turun (dago). Tarif dari simpang dago bayar 2ribu.

3 - Kartika Sari Dago

Mampir ke Kartika Sari sekalian buat sholat plus ngecas BB yang dah mulai lowbat. Di sini cuma beli 2 box bolen pisang keju, 1 box bolen duren, 1 box bolen kacang hijau keju, 2 brownies almond dan 1 box Prunes Roll. Sekaligus beli buat oleh - oleh buat kakak di Ciampelas. Hehehe.. orang Bandung dikasih oleh - oleh dari Bandung.. ngga banget yak.. tapi apa boleh buat bingung mau bawa apa dari Jakarta secara Bandung itu kayaknya hampir semua makanan yang di Jakarta ada di Bandung juga.

Pas selesai bayar ternyata di luar hujan deras banget.. Ngga mungkin banget pakai payung dengan nenteng oleh - oleh dah kiri kanan gini. Taxi GR (Gema Ripah) juga ga liatan ada yang mangkal di parkiran. Ya sudah lah, nunggu sampai hujan reda tapi nunggunya di Mushola aja bisa sekalian nunggu Ashar dan sembari ngecas BB (teteup ga mau rugi.. ). Sekitar 15 menit nunggu akhirnya reda juga hujannya, meski masih rintik - rintik terjang aja beibeh soale dah hampir setengah 4 sore.

Rute angkot ke BIP (kebetulan naik angkot yang sama yang ke Dago) tarif 3ribu sampai BIP : Terminal Dago – Jl. H. Juanda (Dago) – Simpang Dago – ITB (Jl. Ganesha, Dago) – RS. Boromeus (Dago) – Jl. Sultan Agung – Jl. Trunojoyo – Jl. RE. Martadinata – BIP (Jl. Merdeka Dago) – Jl. Aceh – Jl. Kalimantan – Jl. Belitung – Jl. Sumatera – Jl. Tamblong – Jl. Lengkong Besar – Jl. Ciateul – Jl. Dewi Sartika – Terminal Kebon Kelapa

4 - Rumah kakakku

Rumahnya daerah Ciampelas bawah jadi dari Dago naik angkot ke arah BIP, trus di BIP ganti lagi ke arah Kalapa - Ledeng. Turun depan rumah (enaknya rumah pinggir jalan), hanya sayangnya just one way alias klo mau ke arah sebaliknya mesti muter dulu. Hehehe..

Rute angkot ke Ciampelas bawah naik angkot warna Hijau - Biru Muda jurusan Kalapa - Ledeng (tarif sampe Ciampelas 3ribu) : Terminal Kebon Kelapa – Jl. Dewi Sartika – Jl. Kautamaan Istri – Jl. Balong Gede – Jl. Pungkur – Jl. Karapitan – Jl. Sunda – Jl. Sumbawa – Jl. Lombok – Jl. Banda – Jl. RE Martadinata (Riau) – BIP (Dago) – Jl. Merdeka – Jl. Aceh – Jl. Wastu Kencana – Jl. Rivai – Jl. Cipaganti – Jl. Setiabudi – Jl. Karang Sari – Jl. Sukajadi – Jl. Setiabudi - Terminal Ledeng

Dari rumah kakak baru sempet telpon ke Cipaganti buat booking yang jam setengah 5, tapi posisi jam pas telpon itu sudah 16.10 WIB. Nekat banget sodara - sodara perjalanan gw kali ini. Ternyata dah ga bisa booking, harus langsung di counter Cipaganti karena dah langsung cetak tiket dan soal masih available atau ngga langsung di loket. Setelah tanya kakak lama perjalanan dari rumahnya ke BTC (Bandung Trade Center) bisa ngga ditempuh dalam 10 menit, kata kakak gw bisa kalau jalan super lancar ga pake macet dan angkotnya ga pake berenti - berenti (option yang ga pake brenti adalah T4XI). Berhubung sudah sore jam pulang kantor dan jam anak sekolah pulang pula, kayaknya ngga mungkin dalam 20 menit sampe di BTC.

Akhirnya ngobrol - ngobrol dulu dech setengah jam, lumayan lah bisa cerita macem - macem. Jam 5 kurang seperempat baru berangkat ke BTC dan benar sekali sodara - sodara, angkot sudah terisi separo saja masih ngetem pas mau masuk ke Pasteur. Aduh pak Supir.. 10 menit saat ini sangat berarti bagiku... Beneran stress tingkat dewa sama angkot di Bandung.

Rute angkot sampe BTC (tarif 3ribu) Jurusan ST. HALL - GUNUNG BATU (warna Biru Muda - Hijau) : Terminal Stasiun – Jl. Otista - Jl. Stasiun Timur – Viaduct – Jl. Perintis Kemerdekaan – Jl. Wastu Kencana – Jl. Pajajaran – Jl. Cihampelas – Jl. Rivai – Jl. Rum – Jl. Gunawan – Jl. Otten – Jl. Pasteur – BEC (Pasteur) - Jl. Westhoff – Jl. DR. Junjunan (Terusan Pasteur) – Jl. Gunung Batu – Terminal Gunung Batu

Sampai BTC dah jam 17.15 WIB alias 15 menit lagi dari jam keberangkatan Cipaganti rute tujuanku. Gara - gara supir angkot nech..
Turun dari angkot langsung buru - buru masuk counter dan pesan tiket dari loket tujuan. Ternyata eh ternyata.. tarif Cipaganti sekarang sama dengan tarif tiket KA kelas eksekutif yaitu 90ribu. Mahalnya..

Ini tarif Cipaganti saat ini

Masih ada waktu buat cari bekel makan di perjalanan nich. Tadi sempet lihat KFC, langsung aja menuju TKP. Pesan take away Burger Chic & Cheese kata si mas - mas KFC tunggu 5 menit.. hmmm.. masih bisa lah.. toh masih ada waktu 10 menit lagi. Eh.. masuk menit ke 7 koq ga diantar - antar ke meja gw nunggu padahal duduk deket kasir biar keliatan. Yang dianterin malah punya orang yang dine in terus. Kemana nich burger gw?? Ga sabar langsung gw samperin ke kasir, tanya ke mas - mas yg lagi kosong konsumen :"Mas, mana nich burger saya? Koq lama amat katanya 5 menit" dan ternyata itu burger dah nongkrong di dalam kotak ayam goreng tapi ngga dianterin ke gw??? Ampun dech mas.. ga tau apa gw mesti berangkat ke Jakarta, jangan sampe gara - gara burger gw ditinggal travel nech.

Terima burger dari si mas KFC, gw langsung ngacir balik ke Cipaganti yang di ujung lurusan dari KFC. 

5 - Back to Jakarta

Akhirnya duduk manis di mobil Cipaganti yang membawa pulang ke Jakarta. Begitu mobil jalan mulai menyusuri Pasteur, gw mulai mengunyah burger KFC. Memasuki pintu tol Pasteur mulai rintik - rintik lagi, makin lama makin deras hujannya. Tapi mendekati km 90-an mulai rada reda hujannya, dan pas km 80-an malah berhenti total hujannya tapi mendung masih terlihat. Dan ga lama kemudian tertidur karena capek dan kenyang.

Bangun tidur ternyata dah sampai Cikarang.. hehehe.. lumayan lah mengobati rasa capek keliling Bandung. Perjalanan ditempuh dari BTC ke Pool Dewi Sartika hampir 2.5 jam, lumayan cepat juga nich. Ternyata di pool Cipaganti dah ditunggu sama suami tersayang.. hehe.. senangnya ga pake nunggu.

Nah, next trip kalau ke Bandung lagi (karena kemarin lom puas banget) bakalan bawa sekeluarga biar berasa kekeluargaannya tapi masih pengen sich short trip backpacker  baik sendirian atau sama temen. Bisa di daerah - daerah di pulau Jawa (kota/ desa) atau keluar pulau bahkan ke luar negeri (yg ini masih angan - angan.. muahal soalnya).


2 komentar:

  1. Kayaknya saya nemu rute baru Kakak, jakarta - Bandung (pilih wisata bandung kota, selatan atau utara) terus nginep di lembang atau ciater, sebelum balik jakarta ke Sate Meranggi purwakarta..... Sabtu minggu cukup ini.

    BalasHapus
  2. Halah.. bukan rute baru itu.. Itu rute yang Wikan udah dijalanin Sabtu - Minggu kemarin kan??

    BalasHapus